Cara Menyampul Buku Tulis

22 Jul 2022

DG Toys

Cara Menyampul Buku Tulis dengan Kertas Kado

dgtoys.id ⎯ Hai adik-adik, apa kalian sedang mencari informasi tentang bagaimana langkah untuk menyampul buku tulis kalian? Apa saja hal yang perlu dicantumkan di sampul buku depan pada umumnya? Bagaimana urutan yang perlu diperhatikan saat menyampul buku tulis kita agar tetap rapi, bagus dan tidak mudah sobek? Kali ini, DG Toys akan mengajarkan tentang jenis-jenis cover buku, konsep desain sampul buku yang baik, beserta contoh desain sampul buku dan langkah awal yang perlu kita siapkan dalam menyampul buku tulis agar sesuai dengan tujuannya. Percaya nggak, gambar sampul buku yang menarik juga bisa meningkatkan semangat belajar kita, lho. Simak penjelasan di bawah ini ya.


Sampul buku adalah bagian halaman paling depan atau paling luar dari sebuah buku yang biasanya digunakan sebagai cerminan dari keseluruhan isi buku. Secara umum, sampul buku biasa disebut juga dengan cover buku. Jenis-jenis cover buku pun bisa dibedakan menjadi dua berdasarkan ragam desain sampul buku, yaitu berdasarkan tampilan dan berdasarkan kebutuhan. Terkadang cover buku bisa hanya berbentuk tulisan sederhana berwarna hitam-putih, atau dicetak penuh warna (full colour) agar tampak lebih menarik. Inilah jenis cover buku berdasarkan tampilannya. Sedangkan, cover atau sampul buku berdasarkan kebutuhannya bisa dilihat dari tujuan buku itu sendiri. Misalnya, cover buku memasak, cover buku cerita, cover buku pelajaran, dan lain sebagainya. Gambar cover atau sampul buku yang semakin menarik tentunya meningkatkan minat pembaca untuk mengetahui isi dari buku tersebut.


Cover atau sampul buku bisa memuat gambar ilustrasi untuk menggambarkan sebagian atau keseluruhan isi buku. Cover buku yang baik tentunya memiliki ilustrasi pada sampulnya yang bisa memberikan gambaran visual tentang tujuan dari penulis atau pemilik buku tersebut. Pada sampul buku terdapat 3 sisi yang bisa kita perhatikan, yaitu bagian depan cover buku, bagian samping, dan bagian belakang. Meski begitu, pada buku tulis, seringkali bagian samping terlalu tipis sehingga tidak memuat informasi apapun di dalamnya. Namun, pada buku-buku yang lebih tebal, bagian samping buku biasanya digunakan untuk memudahkan pembaca menemukan judul dan penulis buku saat buku diletakkan di dalam rak buku. Desain sampul buku yang baik sebaiknya membuat orang bisa dengan mudah menemukan buku yang ia cari hanya dengan melihat bagian cover atau sampul buku tersebut.


Berikut adalah langkah awal persiapan dalam menyampul buku tulis yang perlu diperhatikan agar sampul bukumu tetap nampak keren, rapi, dan tidak mudah sobek.



1. Siapkan kertas sampul dan peralatan kelengkapannya



2. Siapkan buku tulis yang ingin disampul



3. Ambil buku tulis, letakkan di tengah kertas sampul



4. Lipat bagian yang tersisa dari kertas sampul dengan hati-hati



5. Opsional, rekatkan sampul buku menggunakan selotip / isolasi



6. Tempel stiker atau tulis nama dan informasi mata pelajaran pada bagian depan sampul buku


Jika ingin solusi yang lebih praktis, DG Toys menyediakan sampul buku dengan berbagai macam varian karakter yang lucu, lengkap dengan kolom untuk mengisi nama, kelas, dan mata pelajaran (subject). Ukurannya sudah disesuaikan dengan ukuran buku tulis yang umum digunakan siswa sekolah. Berikut adalah beberapa contoh varian sampul buku tulis DG Toys: