Meningkatkan Syaraf Motorik Anak

21 Apr 2023

DG Toys

Meningkatkan Kemampuan Syaraf Motorik Halus Anak

Ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan syaraf motorik halus pada anak, salah satunya adalah dengan permainan-permainan sederhana seperti :




1. Bermain puzzle

Bermain puzzle seperti Bongkar Pasang Tebal DG Toys bisa membantu motorik anak untuk berkembang. Saat menyusun puzzle buah hati belajar untuk memegang potongan puzzle. Permainan ini berfungsi melatih otot tangan agar terbiasa menggenggam sesuatu. Untuk memudahkan buah hati, gunakan potongan puzzle yang sederhana dan tidak rumit.




2. Menggunting kertas


Untuk melatih motorik halus anak, anda bisa menggunakan 2 benda sederhana: kertas dan gunting. Menggunting kertas bisa melatih kekuatan jari dan koordinasi mata dan tangan. Karena menggunakan benda tajam, selalu awasi buah hati saat menggunting kertas. Untuk membiasakan buah hati menggunting, biarkan mereka menggunting bebas. Jika sudah terbiasa, mintalah anak untuk menggunting sesuai dengan pola. Pola yang digunting juga bertahap, mulai dari sederhana hingga sulit.





3. Menggambar dan mewarnai

Saat menggambar dan mewarnai, buah hati akan belajar memegang pensil. Awalnya mungkin buah hati kesulitan memegang pensil dengan benar. Dengan latihan, motorik halus anak akan berkembang sehingga bisa memegang pensil dengan baik. Anda bisa mencari buku mewarnai di toko buku atau mencetaknya sendiri. Pilih pensil warna yang mengandung bahan yang aman untuk buah hati. Dengan cara ini, kreativitas anak juga bisa berkembang dengan kegiatan ini.





4. Bermain dengan pasir sintetis dan plastisin


Pasir sintetis dan plastisin bisa menjadi alat mengasah motorik halus anak. Dua mainan ini tentunya sangat disukai buah hati. Plastisin dan pasir sintetis dapat merangsang perkembangan motorik halus. Sudah banyak toko yang menjual pasir sintetis dan plastisin. Anda juga bisa membuat plastisin sendiri dari bahan dapur. Cara membuatnya bisa Anda dapatkan di berbagai website. Sama seperti menggunting, koordinasi mata dan tangan juga berkembang dengan dua mainan ini.