Slide show - 1.png
Board Game.png
Logo Monopoly.png

"Keseruan berkompetisi dalam permainan transaksi dan perdagangan yang cepat dan praktis"

1 DOS

1 DOS

1 PACK

: 36 pcs

: 3 pack

: 12 pcs

Kemasan Box

Ukuran

Box : 31,5 cm x 15,5 cm x 3,7 cm

Berat

Pack

Dos

: 2,49 Kg / Pack

: 8,95 Kg / Dos

Batas

Usia

Kemasan

Box

Bermacam Varian Produk

Ikon varian produk.png

Mudah 

Dimainkan

Ikon mudah dimainkan.png
box icon.png
Ikon usia - 2.png

Deskripsi Produk

Mengasah kemampuan berpikir anak dalam mengatur uang lewat permainan “Monopoly” dari DG Toys. Permainan jenis “Board Game” yang sangat populer sejak tahun 1935 hingga sekarang yang biasa dimainkan bersama teman-teman maupun keluarga sebagai sarana hiburan serta mainan edukatif. Jumlah maksimal dalam memainkan "MonopoIy" yakni 4 orang, dimana pemenangnya adalah pemain yang berhasil mendapatkan keuntungan dan aset properti paling banyak.

Mainan “Monopoly” dari DG Toys memiliki berbagai varian karakter populer kesukaan anak-anak pada desain kemasan, kartu, serta papan permainan.

Memainkan “Monopoly” memiliki manfaat bagi perkembangan anak, antara lain :

Mengasah strategi untuk bertransaksi dalam bermain.

Meningkatkan interaksi sosial anak dengan lawan mainnya.

Melatih konsentrasi.

Slide Show 1.png

Spesifikasi Produk

Varian Monopoly

Varian Box

Kardus 4.png
Kardus 3.png
Kardus 2.png
Kardus 1.png
Kardus 5.png

Varian Papan Bermain

Board 7.png
Board 5.png
Board 3.png
Board 1.png

Isi Kemasan

Board 7.png
Uang 2.png
Uang 1.png
Uang 7.png
Uang 6.png
Uang 4.png
Uang 3.png
Uang 5.png
Uang 8.png
Kartu 12.png
Kartu 6.png

1 lembar papan permainan

Kumpulan kartu "Dana Umum"

8 varian uang mainan

Kumpulan kartu "Kesempatan"

Tempat Dadu.png

Tempat pengocok dadu

Dadu.png

2 buah dadu

Pion 4.png
Pion 2.png
Pion 3.png
Pion Rumah 2.png
Pion Rumah 1.png

3 buah pion

2 varian miniatur rumah

Cara Bermain

cara bermain - 1.png

1

cara bermain - 2.png

2

cara bermain - 3.png

3

1.

2.

3.

Persiapan

Papan permainan diletakkan di meja yang cukup besar. Kartu DANA UMUM dan kartu KESEMPATAN diletakkan terbalik di dalam petak yang tersedia. Para pemain pada permulaan diberi uang sebanyak $15000 (bervariasi). Semua kartu TANAH BANGUNAN, rumah-rumah, hotel-hotel, diserahkan kepada bank. Pejabat bank dipilih seorang di antara pemain.

Pembagian Uang

Tiap pemain mula-mula diberi uang seharga $15.000 dibagi dalam nilai sebagai berikut :

$5000 = 2 Lembar, $1000 = 2 Lembar, $500 = 3 Lembar, $200 = 3 Lembar, $100 = 6 Lembar, $50 = 3 Lembar, $20 = 5 Lembar, $10 = 5 Lembar

Permulaan

Pemain mengocok dadu secara bergiliran, angka yang terbanyak main dahulu. Permainan dimulai dari petak START. Setelah itu pion pemain dijalankan bergiliran sesuai angka dadu ke petak menurut anak panah. Dimana pion pemain berhenti, TANAH BANGUNAN dll. dapat dibelinya, dan membayar sewa kalau TANAH BANGUNAN tersebut telah dimiliki orang, atau membayar pajak dan sebagainya. Dan jika kedua dadu menunjukkan angka yang sama pemain tetap bisa berjalan, akan tetapi pada lemparan ketiga masih menunjukkan angka yang sama, maka pemain harus segera masuk penjara.

cara bermain - 4.png

4

cara bermain - 5.png

5

cara bermain - 6.png

6

4.

Berhenti di tanah bangunan yang belum dimiliki orang

Apabila seorang pemain berhenti di atas TANAH BANGUNAN yang belum dimiliki orang lain (dengan jumlah angka dadu jalan, ataupun karena kartu KESEMPATAN dan atau kartu DANA UMUM) pemain tersebut mendapat hak untuk membeli tanah bangunan tersebut dengan harga yang sudah ditetapkan, melalui bank. Setelah membeli tanah bangunan dan mendapat kartu hak milik dari bank, kartu harus diletakkan di atas meja. Jika pemain tidak mau membeli tanah bangunan yang menjadi haknya ia harus mengembalikan kepada bank untuk dijual kepada penawar tertinggi. Semua pemain berhak mengajukan penawaran tidak terkecuali yang menolak pembelian tadi.

Berhenti di tanah yang dimiliki orang

Apabila seorang pemain berhenti di atas tanah bangunan yang telah dimiliki pemain lain (dengan jumlah dadu jalan maupun karena diharuskan oleh kartu KESEMPATAN atau DANA UMUM), pemilik tanah bangunan tersebut berhak memungut sewa atas tanah tersebut sesuai dengan tarif yang telah ditetapkan pada kartu hak milik. Selanjutnya jika di atas tanah bangunan itu didirikan rumah-rumah atau hotel sewanya dapat dipungut lebih tinggi dari tanah yang belum dibangun. Tanah yang digadaikan ke bank tidak berhak memungut sewa dan kartu harus diletakkan terbalik.

PERHATIAN : Seseorang pemilik tanah jika lupa memungut sewa, pada waktu gilirannya kehilangan haknya. (Sewa tak dapat dipungut lagi)

Keuntungan untuk pemain Adalah suatu keuntungan untuk tiap pemain yang memiliki satu kompleks tanah bangunan (misalnya New Delhi, Riyadh, Moscow). Karena dengan demikian ia berhak memungut sewa atas tanah bangunan tersebut 2 x lipat. Rumah-rumah dan hotel hanya dapat dibangun atas satu kompleks tanah bangunan. Keuntungan mendirikan rumah-rumah dan hotel-hotel ialah pemiliknya dapat memungut sewa jauh lebih besar daripada kompleks yang masih kosong.

Berhenti di KESEMPATAN atau DANA UMUM

Pemain mengambil kartu yang teratas, setelah menaati petunjuk-petunjuk di dalamnya, kartu itu dikembalikan dibawah sendiri. Hanya kartu "Keluar dari Penjara" dapat disimpan hingga terpakai atau dijual kepada pemain lain.

5.

6.

6A ( 1 )

6A ( 2 )

6B ( 1 )

Berhenti di atas petak "PAJAK”

Bayarlah segera pajak kepada bank yang dikenakan kepada anda. Segala jenis pajak harus diserahkan kepada bank.

Pajak Jalan                 

Pemain yang berhenti di kotak pajak wajib membayar sesuai biaya yang sudah tertera dalam petak pajak.

Penjara

Pemain yang diharuskan masuk penjara:

-     Pionnya berhenti pada petak "masuk penjara"

-     Mendapat perintah masuk penjara dari kartu Dana Umum atau kartu Kesempatan.

-     Kedua dadu menunjukkan angka yang sama sebanyak 3 kali.

6B ( 2 )

Keluar Penjara                 

Seorang pemain dapat keluar penjara jika:

-     Lemparan dadu menunjukkan angka yang sama

-     Membeli sehelai kartu "Keluar dari Penjara" dari pemain lain

-     Membayar uang denda kepada bank

-     Pemain diberi kesempatan tiga kali giliran lemparan dadu untuk mendapat angka yang sama, setelah itu ia              harus membayar denda pembayaran sesuai dengan nilai denda.

cara bermain - 7.png

7

cara bermain - 8.png

8

cara bermain - 9.png

9

7.

8.

9.

Bangunan     

A. Rumah-rumah

Rumah dapat dibeli dari bank dan sebelumnya harus mempunyai 1 kompleks tanah untuk dibangun rumah. Rumah dapat dibeli segala waktu dengan jumlah menurut kemampuannya tetapi harus merata tiap petak 1 rumah dan seterusnya.

B. Hotel-hotel     

Tiap pemain diharuskan memiliki 4 rumah dalam 1 seri Tanah Bangunan sebelum ia diperbolehkan beli 1 hotel. Harga hotel telah ditentukan pada kartu hak milik. Setelah membeli hotel tersebut pemain harus menyerahkan 4 rumahnya kepada bank (di atas tiap tanah bangunan hanya diperbolehkan membangun 1 hotel).     

C. Perusahaan Listrik / Air     

Jika pemain berhenti di salah satu petak perusahaan listrik / air yang sudah dimiliki seseorang, maka cara membayarnya adalah : 4 x jumlah angka dadu x satuan uang monopoli terendah. Tetapi jika pemain berhenti di salah satu petak perusahaan listrik/ air dan keduanya telah dimiliki oleh salah satu pemain yang lain, maka cara membayarnya adalah 10 x jumlah angka dadu x satuan uang monopoli terendah.

A. Bebas Parkir (Free Parking)     

Jika pemain berhenti di petak bebas parkir maka ia hanya berhenti sejenak hingga giliran berikutnya.

B. Kekurangan Bangunan     

Pada waktu bank telah kehabisan rumah untuk dijual kepada pemain, mereka yang hendak mendirikan rumah harus menanti hingga salah seorang pemain mengembalikan rumahnya kepada bank. Jika pembeli lebih dari 1 orang, maka rumah tersebut dilelang.

C. Menjual Harta Kekayaan     

Tanah Bangunan yang belum dibangun, Stasiun dan Perusahaan Listrik / Air dapat dijual belikan sebagai transaksi pribadi antara pemain dan pemain dengan harga tak terbatas. Tanah Bangunan dilarang dijual belikan apabila dalam 1 kompleks Tanah Bangunan masih terdapat rumah-rumah yang belum dikembalikan kepada bank. Rumah dan Hotel dapat dijual kembali ke bank dengan syarat bahwa bank hanya membeli separuh harga pokoknya. Mengenai hotel yang dijual, bank hanya membayar separuh harga hotel yang resmi ditambah dengan separuh jumlah harga 4 rumah (rincian termudah menjual hotel ->harga 5 rumah : 2).

D. Hipotik (Tanah dapat digadaikan kepada bank)     

Tanah (property) dapat digadaikan ke bank dengan harga yang telah ditentukan pada kartu hak milik. Cara membeli tanah (property) yang telah digadaikan ialah harga pokok tanah (property) + bunga 10 % . Tanah yang digadaikan dapat dibeli oleh pemain lain dengan tambahan bunga 10 % (dengan rincian sama seperti sebelumnya). Jika tanah tersebut ada rumahnya maka bank hanya bisa membeli separuh dari harga pokok rumah tersebut.

E. Bangkrut (Pailit)     

Pemain dinyatakan bangkrut jika pemain tidak sanggup membayar hutang. Segala harta kekayaan diserahkan kepada kreditornya dan berhenti bermain. Dalam penyelesaian ini pemain yang memiliki rumah-rumah atau hotel-hotel harus diserahkan kepada bank. Uang harus dibayarkan kepada kreditornya. Dan jika pemain tak memiliki uang untuk membayar pajak, denda atau hukuman-hukuman lainnya, maka bank segera melelang segala kekayaannya dan pemain dinyatakan kalah.

Pemenang (Monopolist)     

Pemenang adalah pemain yang memiliki Properti, Rumah, Hotel dan uang cash terbanyak dari hasil uang sewa. Dalam satu permainan, setiap pemain akan menjadi bangkrut satu persatu. Pemain terakhir yang bertahanlah yang menang.

Keterangan lain     

Jika seorang pemain hutang kepada pemain lain, ia dapat membayar hutangnya berupa uang tunai dan setengah lagi dengan kekayaannya. Dalam keadaan ini pihak kreditor sering membeli kartu hak milik lebih tinggi dari harga hipotik. Dengan maksud untuk memblokir lain pemain memiliki tanah tersebut.